Kingdom Hearts 3D New Worlds Speculation

Pada artikel ini, saya akan membahas sebuah game kolaborasi Square Enix dan Disney Interactive Studios yang sangat terkenal yaitu Kingdom Hearts (KH). Pastinya sudah banyak sekali orang yang mengenal game ini, setelah 9 tahun berjalan sejak game pertamanya yang dirilis tahun 2002.

Salah satu aspek dari KH yang sangat saya sukai adalah banyaknya variasi dunia animasi Walt Disney yang dihadirkan, bukan hanya ditonton, tetapi ditelusuri. Ini adalah sebuah keuntungan bagi penggemar Disney karena kita dapat meneliti lebih dalam dan rinci bagaimana design dunia yang ada di setiap animasi karya Disney.

Game KH terbaru yang akan segera dirilis berjudul Dream Drop Distance (3D) untuk platform Nintendo 3DS. Dari hasil wawancara dengan Tetsuya Nomura, dikatakan bahwa semua dunia Disney yang akan dihadirkan di game seri ketujuh ini masih benar-benar baru, walaupun beberapa dunia original juga ada.

Walaupun Disney memang punya banyak aset animasi yang bisa digunakan KH, namun ada batasnya pula dan pilihan yang ada semakin hari semakin berkurang, terutama animasi-animasi yang dikenal dunia, yang sebagian besar sudah dipakai di 6 game terdahulu. Sebuah kebiasaan bagi KH untuk mengombinasikan dunia Disney yang memiliki karakteristik unik sehingga mampu menghadirkan variasi dunia ke dalam 1 game, dan biasanya mereka berjumlah 13 dunia (walau di game spin off seperti 358/2 Days dan re:coded, jumlah dunia yang dihadirkan kurang dari 13, dan di Kingdom Hearts 2 justru lebih banyak lagi yaitu 15 dunia). Saya mencoba menyeleksi animasi-animasi Disney yang belum tersentuh oleh KH, yang sepertinya akan sangat menarik untuk dijadikan dunia di Dream Drop Distance.

NB: Artikel ini adalah murni spekulasi, dan jangan menganggapnya sebagai sebuah fakta (karena tidak ada konfirmasi resmi dari Square Enix). Klik pada judul film untuk informasi lebih lanjut mengenai seluk-beluk animasi tersebut. Klik pada gambar untuk memperbesar ukuran.

1.    The Hunchback of Notre Dame (1996)

Animasi ini bukan lagi hasil spekulasi saya, tetapi memang sudah dikonfirmasi akan dihadirkan di 3D. Bersetting di Paris , banyak sekali bangunan-bangunan tua dengan detail arsitektur yang sangat indah. Beberapa area yang mungkin akan dihadirkan adalah: Notre Dame (bangunan gereja tempat Quasimodo tinggal), alun-alun kota tempat Festival of Fools diadakan, Palace of Justice (tempat Frollo tinggal dan menyiksa Gypsies), dan Court of Miracles (markas Gypsies).

2.    The Sword in the Stone (1963)

Merupakan salah satu animasi Disney klasik favorite saya. Sejauh ini Merlin memang selalu muncul di KH, namun dunia asal-usulnya tidak pernah dihadirkan. Di sinilah kita bisa mengunjungi pondok tempat tinggal Merlin yang sesungguhnya, hutan di luar pondok Merlin, kastil tua tempat Wart bekerja sebagai budak yang juga terdapat menara rusak tempat Merlin mengajar berbagai ilmu pada Wart, sungai dan lahan hijau di pinggir kastil, perkotaan dan istananya, juga pondok Madam Mim (musuh bebuyutan Merlin) yang dikelilingi oleh hutan gelap.

3.    The Jungle Book (1967)

Sebenarnya dunia ini sudah berkali-kali ingin digunakan oleh Nomura, tetapi karena berbagai alasan pada akhirnya batal. Bahkan ada seseorang yang menge-hack data game Birth by Sleep (BBS) dan menemukan tekstur beberapa area Jungle Book di dalamnya. 3D adalah game yang tepat untuk pada akhirnya menghadirkan dunia ini. Mirip seperti dunia Tarzan di KH 1 (Deep Jungle), setting dunia ini ada di hutan pedalaman. Beberapa area yang menjadi ciri khas Jungle Book adalah candi besar tempat tinggal King Louie dan pedesaan tempat suku yang mirip seperti orang India tinggal.

4.    The Emperor’s New Groove (2000)

Animasi yang mengandung banyak sekali komedi yang mampu mengocok perut kita berkali-kali ini bisa menjadi dunia yang ringan dan cocok untuk permulaan cerita di mana level hero kita tentunya masih kecil. Bersetting di Peru, kita dapat mengunjungi istana tempat tinggal Kuzco, markas rahasia Yzma, perkotaan di Peru, hutan dan bukit di luarnya, kedai di lereng bukit, juga rumah kecil di puncak bukit tempat tinggal Pacha.

5.    Lilo & Stitch (2002)

Yeah, saya tahu kok animasi ini sudah memiliki dunia tersendiri di BBS, yaitu kapal luar angkasa yang besar (Deep Space). Namun, dunia itu bukanlah area yang menjadi setting utama di animasi ini, melainkan pulau tropis yang meniru Hawaii. Di BBS, pada akhirnya Stitch berhasil kabur dari kapal tempat ia disekap, dan di KH 2 diketahui bahwa Stitch mendarat di Radiant Garden. KH 3D adalah game yang tepat untuk melanjutkan plot utama cerita seperti di animasinya, di mana Stitch mendarat di Hawaii dan bertemu Lilo. Kurang lebih memang pulau ini seperti Destiny Islands di mana terdapat pantai , namun ditambah oleh perkotaan dan hutan.

6.    Brother Bear (2003)

Walaupun terdapat area hutan hujan tropis di animasi ini, untuk menambah variasi dunia, Square Enix bisa menambahkan pegunungan salju dan api, seperti yang ditampilkan di animasi ini. Setting lain yang cukup menarik untuk ditelusuri adalah desa dan pegunungan batu tempat penduduk tinggal dan melakukan ritual kedewasaan, lembah beruang, dan puncak gunung di mana terdapat aurora yang sebenarnya adalah kumpulan spirit dari makhluk hidup yang sudah mati.

7.    Meet The Robinsons (2007)

Salah satu dunia futuristik yang bisa dihadirkan di KH. Teknologi sudah sangat canggih di dunia ini. Kita dapat menelusuri rumah keluarga Robinson yang sangat luas dari ruang makan, ruang penelitian, dan garasi, juga kebun di luar. Walaupun di animasinya Lewis tidak mengunjungi kota secara langsung, tapi tidak ada salahnya jika Sora/Riku dapat melakukannya. Bayangkan saja jika kita dapat berpindah tempat dengan menggunakan balon besar, atau melawan Heartless di langit selagi menggunakan balon tersebut, nampaknya akan berpotensi untuk memeriahkan game ini.

8.    Enchanted (2007)

Walaupun sebagian besar film ini adalah live action dan bersetting di kota New York yang asli, tetapi bisa dilakukan improvisasi pada Andalasia, kampung halaman Princess Giselle, seperti yang Square Enix lakukan pada Monstro dan Deep Space yang hanya merupakan segmen kecil dari keseluruhan animasi aslinya. Jika Andalasia bisa dihadirkan di KH 3D, maka dunia ini sangat tepat menemani dunia The Emperor’s New Groove sebagai dunia pemula yang bernuansa menyenangkan. Beberapa area yang bisa dikunjungi: rumah Giselle, hutan semi di luarnya, markas Queen Narissa, dan istana merangkup gereja tempat Giselle “seharusnya” melaksanakan pernikahan dengan Prince Edward. Andalasia berpotensi menjadi dunia dengan panorama terindah di KH 3D, hanya jika memang benar mampu dihadirkan di sini.

***

Itulah list dunia Disney yang saya prediksikan dan harapkan akan hadir di KH 3D. Untuk menyempurnakan list menjadi 13 dunia, terdapat 5 dunia original yang kehadirannya tidak terelakkan di KH 3D karena sangat penting bagi jalan cerita, yaitu: Destiny Islands (muncul di trailer), Traverse Town (sudah dikonfirmasi dan bahkan dikatakan akan ada 2 tokoh baru yang menjadi anggota party Sora di sini), Mysterious Tower (tempat Sora dan Riku menjalankan Mark of Mastery yang diketuai Yen Sid, di mana menjadi satu point plot di KH 3D), Radiant Garden (dunia original yang tidak diragukan lagi sangat penting keberadaannya di seri KH karena sebagian besar event penting terjadi di sini), dan terakhir adalah Final World (belum jelas settingnya namun akhir cerita akan terjadi di sini).

Dengan ini maka lengkaplah 13 dunia yang mungkin akan dihadirkan di KH 3D.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s