My Holiday Movies Review: Mirrors 2 (2010)

“Konon katanya cermin memiliki kekuatan mistis yang mampu memerangkap jiwa seseorang di dalamnya.”

Sutradara: Victor Garcia

Genre: Horror

Pemain: Nick Stahl, Emmanuelle Vaugier, Christy Romano, Evan Jones, William Katt

Durasi: 86 menit

Dari tumpukan film pinjaman yang saya dapat dari teman saya memang sebagian besar bergenre horror. Bisa dilihat dari posternya saja kita sudah bisa menebak bahwa si hantu pasti berada di dalam cermin. Mirrors 2 adalah sekuel dari film horror Mirrors yang dirilis tahun 2008, namun keduanya tidak ada kaitan sama sekali sehingga bisa ditonton terpisah. Untung bagi saya yang belum pernah nonton film pertama jadi saya tidak ada kesulitan sama sekali untuk menyimak cerita dari film ini. Bedanya lagi, Mirrors 2 ini tidak ditayangkan di bioskop, melainkan langsung dirilis dalam bentuk DVD.

Sinopsis:

Sudah cukup lama Max menderita gangguan jiwa karena terus menyalahkan dirinya sendiri sebagai penyebab kematian tunangannya pada kecelakaan mobil dulu. Untuk menyemangati Max, sang ayah mempekerjakan Max di Mayflower Departmen Store sebagai pengganti penjaga keamanan yang konon katanya menjadi gila karena memotong tenggorokannya sendiri. Max menerima tawaran itu dan diperkenalkan kepada 3 eksekutif departemen tersebut oleh ayahnya, yaitu Jenna, Ryan dan Keller.

Max melihat penampakan hantu seorang wanita tak dikenal di sebuah cermin, dan kemudian penampakan Jenna memotong kepalanya sendiri. Kemudian, tak lama kemudian Jenna mati di kamar mandi dengan kepala terpotong. Max pun mengetahui bahwa itu adalah pertanda bahwa seseorang akan mati dengan cara yang sama yang terlihat pada cermin. Malam berikutnya ia melihat lagi penampakan Ryan yang memotong perutnya sendiri. Max berusaha untuk menghubungi Ryan namun gagal, dan Ryan pun mati dengan cara yang sama.

Max pun berusaha untuk mencari info mengenai hantu wanita yang dilihatnya di dalam cermin. Diketahui bahwa ia adalah Eleanor, salah satu pegawai Mayflower Departmen Store yang menghilang 2 bulan yang lalu. Lantas apa hubungannya dengan kematian para eksekutif tersebut?

Kesan Pribadi:

Salah satu kelebihan utama pada film horror barat yang patut saya akui dan senangi adalah adanya alur cerita yang mampu membuat penonton terus penasaran hingga film berakhir. Sangat berbeda jauh dengan horror Indonesia yang terlalu mengekspos wajah seram dari hantu-hantu. Saya lebih memilih alur cerita yang berkualitas tanpa terlalu tergantung pada make up yang berlebihan.

Mirrors 2 bisa menjadi salah 1 contoh dari banyak sekali film horror barat yang ada. Dari segi cerita, sangat menarik karena langsung dibuka dengan adegan bagaimana cara si hantu menyakiti korbannya dan terus membalaskan dendamnya sepanjang film hingga selesai. Satu per satu misteri diungkapkan mulai dari yang kecil hingga yang terbesar sehingga mampu menarik penonton untuk masuk ke dalam cerita dan terus mengernyitkan dahi bertanya-tanya apa sebenarnya yang menjadi motif balas dendam si hantu. Dan semuanya akan terjawab dengan jelas pada akhir cerita tanpa ada misteri yang menggantung. Cukup langka untuk sebuah film horror memiliki ending yang terbilang “bahagia” bagi tokoh utama jagoan kita.

Walaupun film ini tidak dirilis di bioskop, namun tidak berarti kualitasnya jadi kacangan. Malahan film horror Indonesia yang dirilis di layar lebar belum bisa mengalahkan kualitas film ini. Memang agak sulit bagi perfilman Indonesia untuk bisa disejajarkan dengan standard film hollywood yang sudah terpatok tinggi.

Saran saya cobalah tonton film ini, tetapi jangan salahkan saya jika setelah menonton ini Anda menjadi seorang pengidap Eisoptrophobia (takut untuk bercermin).

Score: 4/5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s