Loituma Girl, Internet Phenomena yang Aneh

Apa sih Loituma Girl itu? Kenapa bisa dibilang sebagai sebuah Internet Phenomena? Pada artikel ini akan dibahas secara jelas mengenai fenomena yang aneh ini.

Sebelum saya membahas lebih jauh mengenai Loituma Girl, sebaiknya kalian semua mengerti terlebih dahulu beberapa istilah yang akan sering muncul pada artikel ini.

***

Internet meme: konsep yang beredar meluas melalui internet.

Internet phenomena: sensasi yang berkembang cepat melalui internet karena fasilitas komunikasi yang instant, biasanya pada akhirnya akan menghasilkan sebuah Internet meme.

Loituma: sebuah grup dari Finlandia yang terdiri dari 4 orang yang mengombinasikan tradisi vocal Finlandia dengan suara kantele (semacam string).

Ievan Polkka: lagu yang berasal dari Finlandia yang sangat populer, dibuat pada tahun 1930 dan masih terkenal sampai sekarang. Sudah banyak penyanyi yang membawakan lagu ini, salah satunya adalah Loituma.

Scat singing: improvisasi vokal dengan rangkaian kata yang tidak berarti, pengucapan yang tidak bisa dimengerti, atau tanpa huruf sama sekali. Singkat kata, terkesan seperti bernyanyi asal-asalan, atau kumur-kumur.

Bleach: sebuah manga action/shounen/fantasy yang terkenal, karangan Kubo Tite yang sudah diangkat menjadi anime oleh Studio Pierrot di Jepang.

Orihime Inoue: seorang tokoh perempuan fiksional yang berasal dari manga/anime Bleach.

Ichigo Kurosaki: seorang cowok yang merupakan tokoh utama di manga/anime Bleach.

Leekspin: memutar bawang daun.

***

Ada sebuah Internet phenomena yang benar-benar menarik perhatian saya karena saya suka membaca manga Bleach, jadi saya bisa mengenal siapa cewek yang ada di gambar di atas tersebut. Fenomena ini biasanya diberi istilah “Loituma Girl” atau “Gadis Loituma” yang sudah menjadi Internet meme yang sangat terkenal di dunia maya. Pada awalnya ada seorang maniak komputer yang sedang kurang kerjaan, lalu iseng-iseng membuat sebuah Flash animation yang sangat sederhana dari adegan pada episode 2 anime Bleach durasi menit ke-12 hingga 14, di mana Orihime Inoue baru selesai berbelanja untuk makan malam, lalu bertemu dengan Ichigo Kurosaki dan bercanda sambil memutar bawang daun berlawanan dengan arah jarum jam di tangan kanannya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Adegan ini diputar balik oleh si maniak komputer tersebut berulang kali (loop) selama 27 detik.

Lalu apa hubungannya dengan Ievan Polkka dan Loituma? Ternyata si pembuat tersebut mengambil sepotong bagian pada awal lagu Ievan Polkka di mana salah seorang personil Loituma melakukan scat singing, untuk digunakan sebagai BGM (Background Music) pada adegan Leekspin Orihime Inoue tersebut. Setelah selesai, diedarkanlah melalui Internet sekitar akhir bulan April 2006 dan secara tidak disangka-sangka menjadi sangat populer!

Media paling utama yang membuat flash animation ini terkenal adalah Youtube.

Video versi original yang sama persis dengan flash animation: Loituma Original Flash Animation.

Anehnya, justru versi original ini tidak begitu terkenal, tapi ada orang yang membuat versi Techno remix sepanjang 5 menit, yang malah menjadi sangat populer. Terhitung hingga tanggal ini sudah mencapai 7,3 juta penonton! Lucunya ternyata banyak orang yang sama sekali tidak tahu siapa itu Orihime Inoue, atau apa itu Bleach, juga siapa itu Loituma. Lagu Ievan Polkka yang awalnya cuma terkenal di negara asalnya jadi ikutan terkenal gara-gara video ini:
Loituma Girl Techno Version

***

Karena kepopulerannya, maka banyak sekali orang yang membuat versi lain dari Loituma Girl. Beberapa contohnya:

1. Loituma Onion Smash


Di video ini saat melakukan Leekspin, tangan Orihime Inoue terbelit dan akhirnya bawang daun tersebut terpukul berkali-kali ke wajahnya sampai babak belur.
Video: Loituma Onion Smash

2. Loituma Psycho


Versi psycho dengan musik yang sama tapi dibuat seram.
Video: Loituma Psycho

3. Loituma Freaky


Yang ini benar-benar seram, karena yang diputar bukannya bawang daun, tapi sebilah pedang. Lagunya juga diremix seperti lagu hantu. Begitu pula wajah Orihime yang dipermak menjadi seperti setan. Mungkin saja kamu akan bermimpi buruk kalau menontonnya.
Video: Loituma Freaky

4. Loituma Gaara


Bahkan tokoh Gaara yang cool dari manga/anime Naruto ikut melakukan leekspin!
Video: Loituma Gaara

5. Loituma Pikachu


Tikus kuning dari seri Pokemon yang lucu ini pun pengen ikutan melakukan Leekspin.
Video: Loituma Pikachu

6. Loituma Girl Live Version


Kayaknya cewek di video ini benar-benar kecanduan sama fenomena Loituma Girl🙂
Video: Loituma Girl Live Version

7. Loituma Vocaloid’s Hachune Miku

Dari sekian banyak remix sebenarnya ada 1 yang patut dibanggakan, yaitu adanya versi remix dari Vocaloid yang terkenal dengan karakter virtual animenya yang bernama Hatsune Miku di negara Jepang. Pada versi ini lagu sudah benar-benar diremix dengan full auto-tune dan menurut saya, benar-benar bikin ketagihan. Perbedaan lain selain tokoh yang diganti dengan Hachune Miku bertampang polos (versi chibi dari Hatsune), bawang daun tidak diputar melainkan dinaik-turunkan.

Video: Loituma Vocaloid’s Hachune Miku

…dan masih banyak lagi versi remix lainnya yang beredar di YouTube. Silahkan kalian cari sendiri yah🙂

***


Kalau kamu mau lihat MV asli dari Loituma yang menyanyikan lagu Ievan Polkka, bisa dilihat di sini: Official MV Ievan Polkka by Loituma

Barangkali kamu pengen tahu sebenarnya dari mana sih gambar Orihime Inoue yang melakukan Leekspin di episode 2 Bleach, bisa kamu lihat di sini: Loituma Girl Original (menit 1:10)

Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang fenomena Loituma Girl ini, kamu bisa baca di Wikipedia.

***

Saya sendiri cukup menyukai fenomena aneh ini. Saya mendownload versi Techno dan Vocaloid, dan sempat menontonnya berulang kali. Dengar-dengar sih katanya video ini bisa memberikan efek hipnotis pada diri kita melalui mata dan telinga. Jadi saya sarankan jangan sampai kamu menontonnya terlalu lama.

Kesimpulannya: internet memang sebuah media yang sangat efektif untuk mempopulerkan sesuatu karena hampir seluruh penduduk dunia sekarang sudah menggunakan internet sebagai sarana komunikasi. Contohnya saja video Keong Racun yang beredar di internet (YouTube) yang akhirnya menjadi sangat terkenal sekarang ini.

4 Balasan ke Loituma Girl, Internet Phenomena yang Aneh

  1. sonedal18 mengatakan:

    tuh link tambahan..
    wkwkwk
    pokemon yg namanya farfetch’d

  2. dolphi mengatakan:

    set, bawang bawang bawang

  3. Rampokky Poky mengatakan:

    dalam lirik nya ada kata2 yahudi .. gawat gag nih ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: