My Top 10 Choreographies on Korean MV

Saya sudah cukup lama menyukai MV yang berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan dan sering mengikuti perkembangan musik di sana.

Salah satu faktor yang membuat MV (Music Video) Korea sangat diminati oleh banyak orang adalah koreografi yang terdapat di dalamnya. Biasanya koreografi ini menjadi semacam trademark untuk musik mereka dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. MV yang mereka sajikan menjadi sangat menarik untuk dilihat karena menggunakan setting panggung, special effect, kostum yang mewah, dan tentunya koreografi mereka yang unik.

Berikut adalah 10 koreografi MV Korea yang saya sukai, tidak peduli apakah MV tersebut sudah lama dirilis atau masih fresh. Faktor-faktor yang membuat koreografi tersebut bagus di mata saya adalah: keunikan dan keluwesan routine dari awal hingga akhir lagu. Perlu diingat bahwa ini semua bersifat subjektif, jadi jangan tersinggung bila MV favorite kalian tidak masuk ke dalam list di bawah ini.

10. Cinderella by Seo In Young

Pada bagian reff lagu ini, Seo In Young bersama para partner dancernya melakukan gerakan yang cukup eye-catching di mana mereka memangku sebelah tangannya dan menempelkan jari jempol dan telunjuk pada satu tangan lainnya, membuat seolah-olah sedang memakai topeng pada sebelah matanya.

9. Without U by 2PM

Gerakan unik pada MV ini hampir mirip dengan Cinderella milik Seo In Young, di mana mereka membentuk lubang kecil antara jari jempol dan telunjuk. Yang membuat bagus adalah gerakan mereka yang kompak dan bersifat emosional.

8. Super Girl by Super Junior M

Pada MV ini gerakan tangan sangat memegang peranan penting. Yang saya suka adalah bagian mereka menepuk tangannya lalu membuka lebar telapak tangan ke depan, seolah-olah membentuk huruf M, seperti nama grup mereka: Super Junior M.

7. Wanna by Kara

Kelebihan dari Kara adalah koreografi mereka yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. Pada bagian reff, mereka menaik-turunkan kedua pundak sambil berjalan maju maupun mundur untuk mengubah posisi mereka berdiri.

6. Oh! by Girls’ Generation

Girls’ Generation memang sebuah Girl Group yang sangat fenomenal. Pada MV ini koreografi mereka terkesan centil dan sangat girly. Bagian yang paling saya suka adalah saat mereka mengangkat sebelah kaki mereka. Pastinya mereka harus menjaga keseimbangan tubuh agar tidak jatuh, apalgi dengan menggunakan hak tinggi seperti itu.

5. Run Devil Run by Girls’ Generation

Dibandingkan dengan Oh!, di sini Girls’ Generation lebih terkesan misterius, dewasa dan sexy, apalagi dengan balutan kostum serba hitam seperti itu. Koreografi yang menyerupai gerakan orang yang hendak berlari tersebut sangat pas dengan lirik “You better run run run…” membuat nilai plus di mata saya.

4. Muzik by 4Minute

Musik yang berjenis elektro-dance ini benar-benar membuat saya kecanduan sampai sekarang. Lirik lagu ini menggambarkan kecintaan mereka pada musik. Pada bagian reff, mereka menutupi sebelah telinga, lalu menggoyangkan pinggang. Gerakan menutup telinga tersebut mengingatkan saya pada orang-orang yang sedang menikmati alunan lagu yang mengalir melalui earphone/headset.

3. Bad Girl Good Girl by Miss A

Lagu ini masih terbilang sangat fresh karena baru sekitar 1 bulan dirilis hingga tanggal pembuatan artikel ini. Kelebihan dari koregrafi ini adalah hampir keseluruhan bagian tubuh ikut bergerak, mulai dari variasi gerakan saat berdiri, jongkok bahkan berbaring di lantai. Keluwesan dance routine adalah kekuatan terbesar dari MV ini.

2. Genie (Tell Me Your Wish) by Girls’ Generation

Semua orang yang sudah menonton MV ini pasti setuju bahwa daya tarik utama dari Genie adalah hacky-shaky dance, di mana mereka memainkan kaki mereka berulang kali. Apalagi dipadukan dengan hak tinggi, menimbulkan kesan bahwa kaki mereka sangat panjang. Beberapa gerakan juga menampilkan kelenturan badan 9 perempuan cantik ini.

Dan yang menempati posisi Pertama adalah…

1. Ring Ding Dong by SHINee

MV ini terbilang perfect bagi saya. Dari segala aspek tidak ada yang kurang. Ring Ding Dong bisa diartikan seperti bunyi bel yang berdentang. Gerakan unik menyerupai bel yang bergoyang menjadi daya tarik utama pada MV ini. Keseluruhan gerakan dari awal hingga lagu berakhir juga sangat bagus. Tidak hanya para personil SHINee, tapi para dancer yang saya tonton di YouTube jadi terkesan cool saat menari dance routine ini. Teman-teman saya yang pada awalnya tidak tertarik dengan K-Pop pun akhirnya kecanduan gara-gara menonton MV ini. Jika kamu sudah pernah menyaksikan MV ini, maka kemungkinan besar akan timbul keinginan untuk bisa menari seperti mereka.

6 Balasan ke My Top 10 Choreographies on Korean MV

  1. Arvand mengatakan:

    kembangkan bro..
    ttg run devil run mnrt gw klimaks koreo ini ada pada bgian hampir trakhir dmna mereka membentuk barisan sambil berlari di tempat dgn jessica berada dibarisan plg depan..


    itu vdo yg mmprlihatkan betapa wow koreo run devil run..
    wajib ntn smpe habis :D

  2. Sen mengatakan:

    Mau donk PV SHINee nya… HUehueheuhue.. XD
    Uda lama g liat TaeMin.. =p

  3. Mishu mengatakan:

    wah..
    ga ada jagoan gw Tae Yang – i need a girl
    ga objektif nih..
    hikss..
    hwahaha

    • zanpajutsu mengatakan:

      Klo Tae Yang – I Need a Girl lebih ke teatrikal, daripada dance routine, jadinya ga masuk kategori ini. Lagian, di atas sudah tertulis “Perlu diingat bahwa ini semua bersifat subjektif…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: